About Me

Foto saya
VOC adalah suatu media online. kumpulan tulisan anak - anak Ilmu Komunikasi Angkatan 2008 kelas A yang mengulas atas tulisan - tulisan mencakup semua realita di kehidupan nyata yang di kemas menjadi sebuah sajian yang menarik.

ngomong sakarepmu

\

Gallery













"Semua Press VOC dalam mencari informasi selalu di bekali identitas yang jelas dan lengkap. selama menjalankan tugas, Anggota VOC tidak di perbolehkan meminta imbalan dalam bentuk apapun(kecuali di kasih..hehe). Dan apabila ada yang mengaku Press VOC dan meminta imbalan/sesuatu, Harap Laporkan kepada Kantor polisi terdekat. Terima kasih

UMY_VOC - Agam abriyanto, mahasiswa trans gender Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMY 2008 membuka cakrawala masyarakat tentang stigma negatif banci Indonesia melalui diskusi publik bertajuk “Aku Agam, Bukan Banci”, 29 April 2009 lalu yang dimotori VOC (Voice of Communication). Acara perdana VOC ini, sebagai langkah untuk menyemangati anggotanya untuk berpikir kritis, sesuai dengan motto VOC “kami ada, maka kami bersuara”. Berpikir kritis secara prestigious ciri khas mahasiswa berintelektual ini, diawali dengan diskusi publik paper berani yang ditulis Agam “Pesona Mahakarya Sang Pencipta” di www.umy-voc.blogspot.com. Agam abriyanto, mahasiswa trans gender Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMY 2008 membuka cakrawala masyarakat tentang stigma negatif banci Indonesia melalui diskusi publik bertajuk “Aku Agam, Bukan Banci”, 29 April 2009 lalu yang dimotori VOC (Voice of Communication). Acara perdana VOC ini, sebagai langkah untuk menyemangati anggotanya untuk berpikir kritis, sesuai dengan motto VOC “kami ada, maka kami bersuara”. Berpikir kritis secara prestigious ciri khas mahasiswa berintelektual ini, diawali dengan diskusi publik paper berani yang ditulis Agam “Pesona Mahakarya Sang Pencipta” di www.umy-voc.blogspot.com.

Menurut Agam, banci atau apalah sebutannya di Indonesia tidak mendapat “tempat” layaknya manusia beradap lainnya. Banci hanya dianggap “topeng monyet” tempat untuk pelecehan dan tertawaan. Padahal Indonesia mempunyai potensi tehadap jumlah banci. Tidak hanya sebagai pelaku prostitusi dan banci kaleng, tapi banci juga bisa berprestasi di akademis ataupun status ekonomi. Indonesia yang diklaim sebagai negara jumlah muslimnya terbesar di dunia bukan berarti Indonesia = negara islam, di Indonesia kita tidak memakai hukum islam, namun UU. Status yang menggantung antara diakui dan ditolak terhadap banci menyulitkannya untuk bertahan dari mental yang sering jatuh bangun dari olok-olokkan masyarakat dengan menyerukan kata banci. “ jujur, 9 dari 10 yang ingin saya sampaikan di forum tidak tersampaikan. Mengecewakan memang, namun melihat kerja keras panitia VOC dan antusiasme hadirin yang menyesaki ruang E 1.7 lalu, menghapus kecewa saya dan saya pikir semua orang masih bisa baca tulisan saya dan berkomunikasi dengan saya diblog.” Tutur mahasiswa kritis ini.
Acara sukses yang dihadiri lebih dari 100 tempat duduk ini, terdiri atas para dosen komunikasi UMY, teman-teman mahasiswa psikology Mercubuana dan UAD, pakar sosiolog drs. Soeprapto SU., mahasiswa dari berbagai jurusan UMY, dan reporter Jogja TV sebagai langkah awal Agam untuk merealisasikan cita-citanya mengungkapkan realita kehidupan banci di Indonesia.” Rencana setelah menyelesaikan study di FISIPOL UMY, saya akan keluar dari Indonesia, karena untuk kehidupan saling menghormati perbedaan di Indonesia seperti di Amerika masih jauh dari realitas sekarang. Namun saya bukan mama Lauren yang bisa meramalkan kehidupan saya 3 tahun mendatang, apakah saya bisa berdamai dengan budaya Indonesia atau tidak? Biar itu menjadi urusan saya dengan Sang Pencipta. Semua saya kembalikan kepadaNya.” Tambah mahasiswa yang mengaku Munir sebagai reporter idolanya.
(Asty Wahyuningsih)

1 Response to "AGAM, PENDOBRAK STIGMA NEGATIF KAUM MARGINAL INDONESIA"

  1. ghiank kool Said,

    yang penting ga saling ganggu and senggol sama kaum yg ngerasa sempurna...

     

Posting Komentar

Terima Kasih yaa teman - teman sudah bersedia mampir di Blog kami. Alangkah lebih baiknya apabila meninggalkan sepatah dua patah kata di Blog kami. Di mohon untuk menuliskan Identitas penulisnya.

Icon VOC

Even Terbaru



YM Admin



pengunjung ke..

free hit counter
VOC counter

Jurnalis


Blog Archive

Banner

VOC Site



Partner






VOC Bercerita

Berita terbaru....(Klik yaa!)

Comment terakhir